Pulau Kanawa

Pulau Kanawa, Mutiara di Tengah Birunya Laut Flores

Kalau berkunjung ke Taman Nasional Komodo, kita tidak hanya disuguhi seperti apa kadal raksasa khas Nusantara, Komodo. Tapi, juga disuguhi keindahan alamnya. Di Taman Nasional Komodo, banyak tempat yang bisa disinggahi, dinikmati. Yang cukup punya nama, salah satunya adalah Pulau Kanawa.

Pulau Kanawa terletak di daerah Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya kurang lebih 10 km dari Labuan. Pulau yang mempunyai pantai berpasir putih itu cocok banget untuk Anda yang ingin berjemur menghitamkan kulit. Selain itu, perairan di seleiling pulau ini juga bisa untuk snorkeling dan diving. Kita tidak perlu berenang jauh untuk menikmati itu semua. Asyik sekali, kan?

Jumlah pulau yang bisa disinggahi di Taman Nasional Komodo memang banyak. Tapi, yang ada perkampungannya hanya di Pulau Komodo. Jadi, untuk menginap hanya bisa dilakukan di Pulau Komodo, di atas kapal Phinisi, atau di Pulau Kanawa.

Loh, kok bisa menginap di Pulau Kanawa, ya? Karena, pulai ini adalah pulau privat yang dikelola oleh swasta. Walaupun tidak ada perkampungan, di tempat ini sudah ada penginapan disertai restoran. Tapi, jangan berpikir fasilitas penginapannya mewah. Cottages-nya berupa rumah kecil terbuat dari papan dan bambu. Namun, dengan fasilitas yang sederhana dan alami tersebut, Pulau Kanawa justru jadi favorit wisatawan mancanegara.

Kalau duduk di dermaganya, karena saking jernih airnya, kita bisa melihat keindahan alam bawah lautnya. Dari atas dermaganya, sudah bisa menikmati keindahan karang dengan beragam jenis ikan, seperti Barakuda, Napoleon Fish, bahkan Hiu Karang. Wow banget, kan?

Untuk mencari tempat snorkeling, hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai. Di tempat menyelam tersebut kita sudah bisa melihat terumbu karang, coral, school of fish, kura-kura, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Di sisi kanan, pulau tersebut terdapat sisa-sisa ganggang merah yang membuatnya sekilas terlihat berwarna pink. Tak hanya di Bahama, di Indonesia pun juga memiliki pantai pink.

Menuju Pulau Kanawa
Untuk sampai ke Pulau Kanawa, pengelola resort menawarkan shuttle boat gratis untuk para wisatawan dari Labuan Bajo. Boat tersebut akan mengantar kamu dari pelabuhan Labuan Bajo ke Pulau Kanawa pada pukul 12.00 WIT. Boat tersebut akan kembali pada esok harinya, pukul 08.00 WIT. Perjalan dengan boat dari Laboan Bajo sekitar 1 jam. Kalau waktunya ingin lebih fleksibel, kita bisa menyewa kapal dengan tarif sekitar Rp 250.000.

Untuk menginap, Pulau Kanawa menyediakan 13 cottages berdesain minimalis yang sangat romantis. Harga untuk standard room berkisar Rp 300 ribu. Di setiap kamar, terdapat kelambu dan hammock dengan konsep kamar mandi nya semi open bathroom.

Sayangnya, persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Untuk pengisian air bersih hanya satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Sementara, untuk urusan listrik hanya dinyalakan dari pukul 18.00- 23.00 WIT. Dengan listrik yang terbatas, di tengah malam pulau Kanawa jadi benar-benar gelap gulita. Dengan begitu, kita jadi bisa menyaksikan keindahan malam bertabur bintang yang mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *