pantai wediombo

Yuks Lihat Sunset di Pantai Wediombo, Yogyakarta

Pantainya memang luas. Sisi utara berupa pantai berpasir. Sisi selatan berupa bebatuan karang. Karena garis pantai berpasirnya luas, sudah sepantasnya kalau diberi nama Pantai Wediombo, yang artinya pantai yang luas.

Yang menarik disini, meskipun bagian dari Laut Selatan, ombaknya tergolong lumayan friendly. Khususnya, untuk pantai yang di sisi selatan, yang berbatu karang. Sebab, terdapat karang besar di bagian depan yang sudah memecah ombak laut selatan lebih dulu sebelum menyapa pantai. Membuat anak-anak pun tetap dapat bermain dengan aman di tempat itu. Pantas saja, kalau Wediombo sekarang ini jadi salah satu tujuan wisata pantai favorit keluarga di Yogyakarta.

Tidak hanya berenang, kalau mau berselancar pun di pantai ini juga bisa. Nah, kalau untuk aktivitas menantang yang satu ini, kita mesti ke sisi utara. Karena karang di bagian depannya lebih sedikit, ombaknya pun lebih besar.

Tidak hanya memuaskan anak-anak, buat yang suka pemandangan, kalau bisa menunggu di tempat ini sampai waktu sunset, kita bakal disuguhi pemandangan yang menwan. Pemandangan sunset di Pantai Wediombo sungguh luar biasa. Kita bisa menikmati momen matahari tenggelam dari atas batu-batu karang yang masih berdiri gagah di tempat itu. Ya, salah satu yang membuat pantai tersebut cantik adalah susunan karang-karangnya.

Rute ke Pantai Wediombo
Dari kota Yogyakarta, lokasinya memang agak jauh. Hampir 75 km dari tengah kota Yogyakarta. Waktu tempuh perjalanannya sekitar 3 jam. Tapi, perjalan darat di Yogyakarta menyenangkan. Bahkan, sampai di area parkir Pantai Wediombo kondisi jalannya mulus. Selain disuguhi pemandangan yang cantik, perjalanan bisa kita lalui dengan nyaman.

Sayangnya, belum ada angkutan umum untuk sampai ke sini. Paling praktis, kita sewa mobil kalau perginya bareng-bareng, atau sewa motor dari kota Yogyakarta. Dari kota ambil arah ke Wonosari. Dari kota Wonosari, lanjutkan ambil Jalan Baron. Susuri saja jalan tersebut. Sebelum sampai ke Pantai Baron, kita tinggal ikuti jalan menyusuri pantai-pantai di wilayah selatan Yogyakarta sampai ke Wediombo. Di sepanjang jalan tersebut, kita bakal bertemu banyak pilihan pantai. Tapi, yang terbaik salah satunya tetap Pantai Wediombo.

Kalau tidak mau dari kota Yogyakarta, kita bisa ke Pantai Wediombo lewat Cawas, Klaten. Nantinya, lewat Jalan Karanmojo Semin. Jalan di daerah ini juga tak kalah mulusnya. Jalannya yang naik turun juga menyajikan pemandangan yang tidak membosankan. Dari sini, nanti juga akan ketemu dengan Jalan Selatan Jawa. Jalur yang sama kalau kita berangkat dari Yogyakarta.

Nah, sudah sabar, kan? Berlibur ke Pantai Wediombo buat liaht seperti apa sunset-nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *